Mobil Bersih, Bebas Virus dan Bakteri

Pandemi Covid-19

Jangan dianggap remeh. Kita bisa terpapar dari hal yang tidak Anda duga, termasuk pada bagian mobil. Oleh karena itu, kebersihan mobil mutlak juga harus dibersihkan.

Ada beberapa bagian mobil yang perlu mendapatkan perhatian khusus agar tidak menjadi sarana penyebaran virus atau kuman. Inilah beberapa bagian itu.

Handle Pintu

Bersihkan bagian ini dengan mencucinya memakai sampo mobil, berbarengan dengan mencuci mobil. Untuk hasil maksimal, setelah bersih dan kering, untuk handle berbahan plastik, aplikasikan cairan khusus yang dapat melindungi bagian tersebut. Begitu pula untuk handle berlapis krom, gunakan cairan metal polish agar hasil maksimal.

Setir & Tuas Transmisi

Gunakan spons yang dibasahi sampo atau cairan khusus setir yang banyak dijual di pasaran. Gunakan kain mikrofiber untuk mengusap bagian yang kotor. Selalu ikuti petunjuk penggunaan. Keringkan dengan sempurna agar setir dan tuas transmisi tidak licin. Hindari penggunaan cairan secara berlebih agar tidak masuk ke bagian dalam dan merusak komponen kelistrikan.

Jok

Bahan fabric atau beludru

Bersihkan dari debu dan kotoran dulu menggunakan vacuum cleaner. Pakai cairan khusus pembersih beludru, alternatifnya pakai air hangat dan sedikit deterjen. Keringkan hingga sempurna agar tidak meninggalkan noda cairan atau bau.

Bahan kulit

Pastikan cairan yang Anda pakai adalah cairan khusus untuk jok berbahan kulit. Aplikasikan sesuai petunjuk yang tertera pada kemasan. Jangan pakai sikat agar tidak tergores.

Dasbor dan Kisi-kisi

Bersihkan dengan mikrofiber atau kain bersih dengan cairan pembersih khusus dasbor. Pastikan kain bersih agar tidak menggores dasbor. Jangan sembarangan pakai cairan karena malah bisa mengganggu visibilitas.

Karpet bisa jadi sarang virus dan bakteri. Bersihkan dengan deterjen atau sampo mobil. Jemur di bawah matahari sampai kering. Jangan lupa bersihkan juga area bawah karpet. Pakai vacuum untuk hasil lebih bersih. Hati-hati karena karpet ini rawan sobek. Jika menggunakan cairan, keringkan dengan sempurna agar tidak meninggalkan noda dan bau.

Karpet dan plafon

Teks: Iklan Kompas/B Adi Yuwono
Foto-foto: Iklan Kompas/Iwan Andryanto